PNM Tanam 10.000 Bibit Mangrove di Pantai Serang dan Pantai Serit Blitar

Penanaman 10.000 bibit pohon mangrove oleh PT. PNM Cabang Blitar dilakukan di kawasan pesisir Pantai Serang dan Pantai Serit Blitar, Jawa Timur. Kegiatan penanaman dilakukan secara bertahap melalui Lembaga Masyarakat Desa Hutan Wono Lestari (LMND) Desa Serang Blitar mulai 5 September 2022. 

Puncaknya, Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PNM ditandai dengan penanaman bibit mangrove secara simbolis pada 26 September 2022 oleh Bupati Blitar (Rini Syarifah), Kepala Divisi Jasa Manajemen, Kemitraan, dan LKMS PNM (Mira Damayanti Hardjono), Jajaran Pimpinan dan staff PT. PNM Cabang Blitar, Pimpinan cabang BRI Blitar, Perhutani Blitar, Perangkat Desa Serang Blitar, anggota LMDH Wono Lestari, Pengurus Konservasi Penyu Segoro Lestari, serta masyarakat setempat.

Lewat Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (PTJSL), PT. PNM Cabang Blitar juga akan melakukan perawatan bibit mangrove secara berkala yang telah ditanami di kawasan Pantai Serang dan Pantai Serit Blitar. 

Kepala Divisi Jasa Manajemen, Kemitraan, dan LKMS PNM, Mira Damayanti Hardjono mengungkapkan bahwa kegiatan penanaman 10.000 bibit mangrove oleh PT. PNM adalah bagian dari tanggung jawab sosial dan lingkungan yang dapat meningkatkan perekonomian warga. 

"Diharapkan kegiatan penanaman bibit mangrove ini memberikan dampak positif bagi lingkungan serta dijangka panjangnya, bisa memberikan nilai ekonomi dan edukasi untuk masyarakat dari penanaman bibit hari ini," ungkap Mira penuh semangat.

Bupati Blitar, Rini Syarifah menyampaikan harapannya agar bibit mangrove yang ditanam tetap terjaga dan menjadi potensi wisata yang mendatangkan wisatawan.


“Saya harap di Serang atau menuju Serit nanti, ada salah satu pantai yang kita bisa menyusuri mangrove dengan memakai perahu. Kalau ibu pasti pernah jalan-jalan ke Bali ya di Nusa Lembongan itu ada wah indah sekali mangrovenya sampai yang datang itu bule-bule ada kepiting warna-warni itu yang diburu. Mereka kepingin lihat itu," ungkap Rini di tengah hujan yang mulai deras mengguyur.


Keberadaan hutan mangrove yang jumlahnya kian berkurang mulai menjadi perhatian berberapa negara-negara di dunia yang tergabung dalam G20. Jepang, Korea, Jerman, Arab Saudi, Uni Emirat Arab misalnya merupakan negara-negara yang sudah menyatakan dukungannya dengan memberikan bantuan upaya rehabilitasi mangrove di beberapa lokasi di Indonesia. 


Officer Divisi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), Guntoro menyatakan bahwa PNM Cabang Blitar berkomitmen penuh terhadap upaya pelestarian lingkungan salah satunya dengan menanam 10.000 bibit pohon mangrove di Pantai Serang dan Pantai Sering yang terletak di Desa Serang Blitar.

“Program ini menjadi salah satu CSR, bentuk komitmen kami untuk melestarikan lingkungan dan menjaga keseimbangan ekosistem, khususnya pesisir pantai Selatan, Blitar." 


Kegiatan penanaman 10.000 bibit mangrove dilanjutkan dengan pelepasan 66 ekor tukik di Pantai Serang Blitar. PT. PNM juga memberikan donasi sejumlah Rp2.500.000 yang diterima Kepala Konservasi Penyu Segoro Lestari, Sardianto untuk pembangunan lokasi konservasi penyu. (DF)

Dita Faisal
Dita Faisal Mengawali karir sebagai jurnalis sejak 2008 di TVRI Nasional. Setahun kemudian bergabung di tvOne sebagaireporter dan presenter berita hingga Feb 2021. Pernah meraih Fellowship hingga ke Jepang dan menjadi wartawan Istana Kepresidenan pada 2014-2015. Setelah 13 tahun menjadi jurnalis, pada pertengahan 2021 memutuskan pindah ke Blitar dan Wonosalam untuk lebih dekat dengan alam. Seperti cita-cita, ingin menikmati waktu dengan berbagi dan bertani. It's time for #BacktoNatureBacktoVillage

Posting Komentar untuk "PNM Tanam 10.000 Bibit Mangrove di Pantai Serang dan Pantai Serit Blitar"