Top! JPI Class Hadirkan Dita Faisal sebagai Pemateri Menulis Naskah Berita

 Penulis: Tia Marty      Editor: Endik Koeswoyo

Foto: PIM Pictures
Pembaca Berita yang satu ini tampaknya mulai jarang tampil di acara televisi dalam beberapa bulan terakhir. Sejak mengumumkan mengundurkan diri dari layar kaca pada Februari 2021, banyak yang bertanya kemanakah wanita yang kerap menghiasi layar berita Kabar Pasar tvOne ini.

Melalui akun instagram pribadinya @ditafaisal_ itu, Dita mengunggah kegiatannya mengisi seminar secara daring di grup whatsapp kepenulisan Jaringan Penulis Indonesia (JPI). Selama lebih dari satu jam, Dita menyampaikan tentang cara menulis naskah berita berdasarkan 13 tahun pengalamannya di industri pemberitaan.

“Pada intinya mau menulis berita tv atau artikel online semua rumusnya sama, yaitu tetap pada 5W+1H,” ungkap Dita Faisal kepada 100 lebih peserta JPI, Selasa (01/06/2021).

JPI Class merupakan program mingguan dari Jaringan Penulis Indonesia yang dicetuskan oleh Endik Koeswoyo. JPI Class akan menghadirkan sejumlah mentor terpilih yang merupakan bagian dari anggota grup JPI terverifikasi.

Seperti kita ketahui perkembangan media online dan televisi berkembang begitu pesat. Faktor inilah yang kemudian membuat pendirinya berlomba-lomba untuk menyajikan berita terbaru.

Kesempatan inilah yang diambil oleh Endik Koeswoyo untuk mengisi literasi digital melalui tulisan di setiap situs web dibawah pengelolaan grup Jaringan Penulis Indonesia.

Oleh karena pentingnya ilmu menulis, maka JPI Class pada awal Juni diisi langsung oleh pemateri handal yang juga sekaligus mentor JPI Class, Dita Faisal.

Pada kesempatan itu, Dita Faisal yang juga founder Vlog News menyampaikan bahwa naskah berita televisi haruslah dibuat dengan singkat dan lugas.

"Naskah berita televisi merupakan bahasa yang ditulis tanpa mendayu atau merayu. Langsung pada data yang disambungkan dengan kalimat lugas. Istilahnya to the point."

Dalam sesi tanya jawab siang itu, Dita mengajak sahabat JPI untuk menulis hal-hal yang paling dekat dan mudah untuk didapat.

“Percayalah, konten yang bagus adalah yang paling dekat dengan kita, walaupun dirasa orang lain receh atau remeh temeh. Tapi, kalau kita menulisnya dengan wah dan dengan sungguh-sungguh mendeskripsikan dengan tepat, pembacamu akan menikmati dengan sendirinya, meskipun kamu hanya menulis tentang mengolah ikan asin rasa mangga,” jelas Dita Faisal saat menjawab pertanyaan peserta JPI Class, Amelia Ratna Monica.

Program JPI Class masih akan berlanjut pekan depan, dengan materi penulisan buku dan novel oleh para ahli di bidangya. (TM)
Jaringan Berita
Jaringan Berita Menjaring informasi menjadi berita yang faktual berdasarkan data yang sebenarnya.

Posting Komentar untuk "Top! JPI Class Hadirkan Dita Faisal sebagai Pemateri Menulis Naskah Berita"