Sifa Hasta Kupas Tuntas Akar Skenario Ftv Pada JPI Class To The Moon

 Penulis: Endah Nisrinasari               Editor


Grup Whatsapp Jaringan Penulis Indonesia diketahui telah usai melangsungkan JPI Class To The Moon. Tema utama yang diusung pada kelas kali ini adalah Pentingnya Peran Setiap Pemain dalam Penulisan Sinopsis FTV. Di musim ketiga ini yang didapuk sebagai mentor adalah Sifa Hasta. Sifa menjadi mentor bukan tanpa alasan. Ia telah mengantongi pengalaman menulis dua judul cerita FTV SCTV dan satu judul cerita program Catatan Harianku SCTV. Selain itu, dia juga memiliki 10 buku antologi bersama penulis hebat lainnya.  

Pemberian materi dan praktek latihan tersebut dilaksanakan pada Senin, 14 Juni 2021 mulai dari pukul 13.00 s/d 14.30 WIB. Acara yang berlangsung secara daring tersebut membahas perihal kepenulisan skenario FTV. Sifa tidak langsung membahas mengenai topik utama. Sifa terlebih dahulu memberi pengetahuan dasar menulis sinopsis dan premis. 

   “Dalam standar kepenulisan skenario FTV, karakter yang dimainkan maksimal 7 orang. Lebih dari itu otomatis akan ditolak. Oleh karena itu kita harus benar-benar memanfaatkan 7 orang dengan sebaik mungkin. Setiap pemain harus punya tujuan dan saling berkaitan satu sama lain,” tulis Sifa. 

    Selain teknik tersebut, Sifa juga membahas tips membuat premis. Ternyata premis dengan topik yang sedang viral merupakan premis yang menarik menurut PH. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam kepenulisan sinopsis agar dilirik salah satunya adalah memiliki twist tidak terduga. Konflik sub plot juga harus sudah direncanakan dengan matang tanpa merebut dominasi konflik plot tokoh utama. Tak ketinggalan, yang perlu penulis tahu hal pertama yang dilihat PH adalah judul, sehingga judul harus lah dibuat semenarik mungkin. 

     Sahabat JPI yang tergabung dalam grup pun sangat antusias. Terbukti mereka sangat interaktif bertanya kepada Sifa. Terdapat pula sesi pelatihan menulis sinopsis singkat dengan batas lima kalimat. Enam sahabat JPI yang beruntung mendapat kesempatan berlatih menulis sinopsis singkat tersebut. Kemudian Sifa memberi kritik dan masukan setiap sinopsis yang telah dibuat hingga menjadi lebih menarik.(EN)

Posting Komentar untuk "Sifa Hasta Kupas Tuntas Akar Skenario Ftv Pada JPI Class To The Moon"